SIAPAKAH PENCIPTA LAGU IMPEN-IMPENEN ?

IMPEN-IMPENEN

Kapan bisa kelaksan, Isun nggandeng rika
Umpama wis keturutan, mandaneya kari lega

Mong rika kangsun sayang, liyane sing ana
Rika kang dadi lamunan, mulyane yara welaso

Isun iki seneng temenan, rasane kaya sing serantan
Hun angen-angen ya sampek lendheng, isun impen-impenen

Lagu ini bercerita tentang ketegaran dan kesungguhan cinta, dan sebegitu kuat menempel kerelung hati Dwiki Darmawan. Master rekaman tahun 1990 yang telah mengantarkan Dwiki, menjadi pemenang Tata Musik Terbaik FFI tahun 1991 dicoba direkamnya ulang bersama bandnya Krakatau pada album ke 7 (tujuh) bertajuk Magical Match di tahun 2000.
Album Magical Match, merupakan perjalanan wisata music tradisi barat dan timur bersama Krakatau. Dimana penikmat sengaja diajak menuju Africa dan Amerika melewati Shufflendang-shufflending, menyusuri Aceh dengan Genjring Party, menapaki tanah Sunda dengan Sakasada dan Barala Duit, sekaligus menuju Banyuwangi guna menggapai angan Impen-Impenen.
Lagu Impen-impenen merupakan soundtrack film Cinta dalam Sepotong Roti. Film besutan Garin Nugroho itu menyabet 5 (lima) kategori penghargaan dalam Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun 1991. Mengetengahkan cerita tentang persahabatan antara 3 (tiga) sahabat. Mayang, Haris dan Topan. Dwiki Darmawan berhasil memadukan suguhan music etnic tradisional Banyuwangi kedalam racikan suguhan film Cinta dalam Sepotong Roti. Adegan Topan yang sedang dibelai Gandrung Supinah di pondok Pantai pinggir laut seraya menyenandungkan Impen-impenen, sebegitu romantis melekat.
Rekaman suara falseto Supinah dengan iringan biola tradisi Nasuhi (mendiang suaminya) dalam film Cinta dalam Sepotong Roti direkam pada tahun 1990 saat subuh di Halaman Ikhtiar Surya Hotel, Banyuwangi. Vokal Supinah yang hanya selintasan muncul dalam film Cinta dalam Sepotong Roti, sengaja ditonjolkan utuh dalam versi Album Magical Match. Bahkan Vocal Supinah sengaja diperpanjang dicombine dengan vocal Trie Utami kedalam lirik berteks Indonesia, bersama iringan Synteziser Dwiki Darmawan.
Lalu siapakah pencipta lagu Impen-Impenen ? Dalam catatan dan informasi yang didapatkan ARTevac, terdapat 2 (dua) versi pencipta lagu Impen-Impenen ini. Yang pertama pengakuan serta tertulis dalam album “Kendang Kempul modern Sumiyati – Nyanyian Judul” sebagai buah karya SUMIYATI. Namun pada informasi yang berbeda, dari caption official video klip dan berbagai sumber terinformasi bahwa lagu ini adalah ciptaan dari ANDIF AP. Konon Andif AP ini adalah pencipta lagu dari Banyuwangi yang tinggal di Jakarta. Siapakah Andif AP ? Benarkah dia pencipta lagu Impen-Impenen, dan bukan Sumiyati ? Begitulah Banyuwangi, dimana kekayaan intelektual menjadi tidak terlalu penting. Mungkin ada sahabat ARTevac yang bisa menambahkan informasinya ?!

Lumajang, 14 Pebruari 2020
Elvin ARTevac